"Ayo Bersikap Baik" & "Ayo Berkata Baik": Cinta Pertamaku Pada Buku Anak dan Buku Bergambar

Senin, Mei 17, 2021

Selamat Hari Buku Nasional 2021!

Di tengah riuh teman-teman pembaca lain yang memberikan rekomendasi buku bacaan lokalnya, aku ingin kembali membagikan buku anak dan buku bergambar kesukaanku, cinta pertamaku karya Watiek Ideo, yaitu buku seri "Ayo Bersikap Baik" dan "Ayo Berkata Baik".

Buku seri yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini pertama kali aku temukan di aplikasi iPusnas. Kala itu, salah satu buku dari seri "Ayo Berkata Baik", Elpa Bilang Maaf bertengger di halaman utama aplikasi. Lantaran sampul bukunya yang menggemaskan dan penuh warna aku pun meminjamnya. Eh, malah ketagihan! 😁😄😁


Rupanya, seri ini terdiri dari cukup banyak judul. Aku pun mencoba membaca semuanya satu per satu melalui aplikasi iPusnas. Sayangnya, tidak bisa aku temukan semuanya terkendala sistem pencarian yang menurutku masih kurang efektif dan efisien.

Kebetulan tidak berselang dari kali pertama aku menemukan karya-karya Watiek Ideo, aku mencoba untuk berlangganan Gramedia Digital. Nah, di sinilah aku bisa membaca buku seri ini sepuasnya! 🤩 Bisa dibilang aku sudah membaca hampir semuanya.

Alasan Jatuh Hati

Lalu, apa sih yang membuatku sebegitu sukanya sama buku seri "Ayo Berbuat Baik" dan "Ayo Berkata Baik" dari Watiek Ideo dan para ilustrator?

Penuh Warna dan Ilustrasi Menggemaskan

Pertama, tentu saja karena tampilannya yang sangat menarik perhatian, penuh warna dengan ilustrasi yang menggemaskan. Aku sangat suka dengan sesuatu yang berwarna, bahkan penuh warna, apalagi kalau berwarna cerah 🌈 Aku suka sekali!

Ditambah dengan ilustrasinya yang bagus sekali. Wah, mata ini senang sekali melihatnya! 😍 Sebuah penyegaran dari buku-buku dengan teks satu halaman penuh.

Kembali Bersenang-Senang Seperti Anak-Anak

Setelah bertemu dengan buku seri ini, aku pun menyadari bahwa membaca buku anak dan buku bergambar begitu menyenangkan. Tidak masalah sudah umur berapa, membaca buku bisa apa saja tidak harus sesuai dengan umurnya. Memangnya, ada yang melarang kalau orang dewasa masih suka membaca buku anak-anak? 🙄

Kalau pun ada, aku yakin orang-orang itu pasti belum menemukan nikmat dan sisi menyenangkannya dari membaca buku anak dan buku bergambar. Padahal, aku selalu merasa jauh lebih baik, senang dan rileks setelah membaca buku anak-anak 😏

Aku lupa kutipannya apa tapi ada sebuah kutipan yang mengatakan bahwa seseorang yang bahagia adalah yang bisa menjaga dan membiarkan sisi kanak-kanaknya tetap hidup. Sisi kanak-kanak ini yang bisa menjadi penyeimbang atas berat dan sulitnya menjadi manusia dewasa. 

Ya, benar juga. Masa hidup serius terus? Apa nggak capek? Ayolah bermain-main! Setidaknya dengan mengintip kembali masa anak-anak yang sudah lewat melalui buku anak-anak yang tersedia di pasaran!
 

Belajar Hal Penting dengan Sederhana tapi Menyenangkan

Kedua, buku ini mengajarkan hal-hal dasar yang sederhana tapi sering sekali terlupakan dan makin terlupakan saat kita semakin beranjak dewasa dan tua. Sesederhana untuk mengucapkan empat kata ajaib, yaitu "Permisi", "Tolong", "Maaf" dan "Terima kasih".


Buatku yang bercita-cita menjadi seorang ibu dan orang tua yang baik dalam mendidik anak, buku ini bisa menjadi sumber pengajaran yang penting tapi dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Meskipun tidak ada keterangan untuk usia berapa buku ini dibaca oleh anak, menurutku anak mulai usia bayi, balita sampai dengan usia 10 tahun masih cocok untuk membaca buku ini.

Artinya, buku ini cocok sekali untuk menjadi sumber bacaan di usia keemasaan anak. Di mana tumbuh-kembangnya sedang pesat-pesatnya. Anak akan menyerap informasi secepat mungkin, bahkan menanamkannya di kepala selama mungkin. Bukankah mengajarkan hal dasar seperti ini patut sekali dilakukan sedini mungkin? Menurutku, iya ✅

Oleh karena itu, aku ingin sekali memiliki buku fisik dari seri "Ayo Berbuat Baik" dan "Ayo Berkata Baik" karya dari Watiek Ideo ini sebagai investasi untuk parenting di kemudian hari. Ya... tapi belum terpenuhi karena masih banyak daftar antre pembelian untuk buku-buku lainnya yang lebih mendesak kebutuhan. 

Makanya, aku membuka diri untuk pihak mana pun yang berkenan untuk "mendonasikan" atau "mensponsori" aku untuk buku seri ini. Ya, kebetulan ulang tahunku masih beberapa bulan lagi. Masih ada dua bulan lagi untuk mencapai bulan Juli. Atau... kalau mau menjadikannya hadiah pernikahan juga boleh! Aku insyaAllah menikah bulan Oktober tahun ini. Jadi, kalau ada teman-teman yang berbaik hati ingin memberikan buku seri ini sebagai hadiah, WAH! Aku senang sekali! Terima kasih, lho! 


Ya, baik. Ngalor-ngidulnya sudah dulu ya, Zakia!

Tips Membaca Gratis di aplikasi iPusnas

Tujuan utama dari aku menulis blogpost ini adalah untuk membagikan cara membaca buku seri ini secara gratis namun legal melalui aplikasi iPusnas. Memang agak tricky tapi worth it kok! Sini aku kasih tahu tips dan triknya! 

Pertama, pastikan kamu sudah memasang (install) aplikasi iPusnas di ponsel maupun laptopmu. Kemudian, masukkan kata kunci "Watiek Ideo" di kolom pencarian.

Nah, nanti akan keluar buku-buku yang ditulis oleh beliau. Hanya saja buku seri "Ayo Berbuat Baik" dan "Ayo Berkata Baik" tidak muncul di paling atas. Makanya, kamu perlu scroll sedikit ke bawah beberapa kali. Penampakannya seperti ini: 



Oh ya, buku-buku yang muncul di hasil pencarian itu hanya sebagian kecil, lho! Kalau kamu ingin membaca semuanya, pergilah ke situs atau aplikasi Gramedia Digital dan masukkan kata kunci "Watiek Ideo" atau "Ayo Bersikap Baik" di kolom pencarian. Hasilnya akan lebih presisi dan tentunya lebih lengkap. 




Berbekal hasil pencarian dari Gramedia Digital, kamu bisa mencari satu per satu buku seri "Ayo Bersikap Baik" dan "Ayo Berkata Baik" di iPusnas. 

Kalau kamu malas mencari di Gramedia Digital, kamu bisa berpedoman dari halaman terakhir buku yang memberikan rekomendasi dan informasi mengenai judul buku lainnya dari seri "Ayo Bersikap Baik" dan "Ayo Berkata Baik". Kamu hanya perlu mengetik judulnya satu per satu di kolom pencarian iPusnas deh! InsyaAllah ada semua. Aku yakin. Barusan saja aku menemukan satu-dua judul yang belum aku baca sebelumnya. 

Daftar Judul Buku Seri"Ayo Bersikap Baik" dan "Ayo Berkata Baik"


Hm... aku tahu kamu malas. Jadi, ya sudah karena aku baik maka aku buatkan daftar judul buku seri "Ayo Bersikap Baik" dan "Ayo Berkata Baik" dari Watiek Ideo dan para ilustrator yang bisa kamu baca secara gratis dan legal melalui iPusnas. Berikut adalah daftarnya:  

Seri Buku "Ayo Bersikap Baik" 

Seri Buku "Ayo Berkata Baik"

Sekarang sudah enak kan? Tinggal diklik aja~ Jadi, nggak ada alasan ya nggak nemu bukunya 😉
Terus kamu mau mulai dari mana nih? Ayo berbagi di kolom komentar! 

You Might Also Like

0 komentar