New Unforgettable Experience

Sabtu, Oktober 27, 2012


Sehari setelah aku jemput kakak-kakak dari Sindo TV dan Antara News yang diundang pemkab buat ngeliput tentang Kejurnas dan Kejurnal (?) Barongsai serta hal-hal menarik yang ada di Beltim, kita mutusin agenda hari itu adalah jalan-jalan keliling Gantung.

Kita langsung cabut ke Gantung setelah selesai ngambil gambar dan wawancara pengunjung serta pemilik Warkop Atet yang merupakan warkop tertua di Manggar.

Menuju Gantung, tepatnya deket jembatan Gantung itu ada gudang-gudang timah yang ternyata lokasi syuting Laskar Pelangi bagian Matias Mucus yang berharap buat naik jabatan tapi ga jadi. Kesanaan lagi udah pasar Ganrtung, disana juga merupaka lokasi syuting Laskar Pelangi saat siswa-siswi SD Muhammadiyah ikut karnaval yang nari-nari pake daun dan kalung buah Aren yang bikin mereka gatel. Kesana lagi ternyata ada kelenteng yang jadi tempat si Ikal nunggu Aling. Masih berkutat di sekitar situ, tenyata ada jalan Laskar Pelangi dan disitu ada Museum Kata punya Andrea Hirata yang baru aja jadi. Aku gatau kalo ada jalan Laskar Pelangi dan Museum Kata, soalnya terakhir kesana belum ada itu semua. Akhirnya kita berenti di depan Museum Kata dan liat-liat ke dalem.

Pas kita lagi dateng itu museumnya masih di beresin dan rada berantakan gitu. Di ruangan yang paling depan yang itu ada hikayat-hikayat Laskar Pelangi, ada juga yang pake Bahasa Inggris. Berhubung itu banyak banget teksnya dan aku lagi ga napsu buat bacanya akhirnya aku cuma liat-liat aja. Masuk lagi ke dalem ada ruangan panjang dan disana ada meja dan kursi dari kayu di atasnya ada buku, kayanya buku tamu deh. Nah… lagi liat-liat di ruangan itu, Bang Yaya bilang kalo ternyata ada Andrea Hirata disini. Sesaat aku langsung gugup, degdegan, and so excited of course. Sambil nunggu Andrea Hirata, akhirnya aku lanjutin buat liat-liat isi museum lagi. Aku masuk ke ruangan-ruangan yang ada, di dalemnya ada kutipan dari bab novel Laskar Pelangi. Oke… setelah ita udah lumayan kelilingnya akhirnya Andrea Hirata-nya pun datang juga. Yeay!!!

Andrea dateng dari bagian belakang museum dengan baju abu-abu lengan panjang dan celana panjang banyak kantong dengan warna senada juga dengan topi ala orang kebun. Agak surprise juga, ternyata Andrea ga begitu tinggi dan ga jauh beda tingginya sama aku. Setelah Andrea membenahi celananya dan melipatnya akhirnya kita semua kenalan, termasuk aku. Andrea juga ngenalin managernya, mba Meda. Kru dari Sindo TV dan Antara News memperkenalkan diri dan juga minta waktu untuk Andrea berkenan buat memandu kita semua keliling museumnya ini. Seneng banget rasanya saat Andrea bilang kalo kita ini adalah media pertama yang dateng ke museumnya dan minta wawancara dan satu lagi… kita dateng kesana karena kebetulan dan ga bikin janji apapun. Walaupun aku bukan bagian dari medianya tapi tetep aja aku ngerasa jadi bagian dari mereka, dan aku juga merasa tersanjung sama apa yang dibilang Andrea.

Oke, akhirnya kita mulai keliling museum ditemenin Bang Andrea Hirata si pemilik. Dimulai dari ruangan yang paling depan yang ada hikayat-hikayat Laskar Pelagi. Bang Andrea sendiri yang jelasin tentang semua hikayat itu sama kita dan ngejelasin ada apa sih di museumnya ini. Kata Bang Andrea sengaja semuanya ini diusahakan ditulis dalam dua bahasa, soalnya sekarang banyak banget wisatawan asing yang main di Belitung. Itu tujuannya. Nah, ternyata ruangan yang paling depan ini namanya ruang selamat datang atau welcome room. Aku baru tau pas Bang Andrea kasih tau ._. abis ga perhatian jadi sampe gatau kalo ada denah museumnya disitu.

Lanjut ke dalem, ruangan panjang yang ada mejanya tadi. Disitu dipanjang endorsement yang didapet Andrea dari orang-orang terkenal tentang novelnya Laskar Pelangi. Ada juga cerpen-cerpen yang pernah ditulis sama Andrea, salah satunya cerpen “Kemarau”-nya yang pernah terbit di harian kompas, disebelah cerpen itu ada jam kuno gitu yang ternyata berhubungan dengan cerpen “Kemarau” itu. Ga cuma itu, di ruangan ini juga dipajang berbagai macam cover novel Laskar Pelangi yang udah diterbitin dalam banyak bahasa. Kalo ga salah udah diterbitin dalam 25 bahasa di 25 negara juga. Andrea sendiri bilang kalo cover favoritnya itu cover versi Penguin karna dia pikir Penguin berani kasih cover yang suram dengan warna gelap. Ga cuma cover-cover Laskar Pelangi, di ruangan ini juga ada cover dari novel-novel Andrea yang lain. Disini juga ada beberapa lukisan. Sebagian hasil pemberian seorang pelukis dari Ubud, Bali. Ada juga hasil pemberian dari seorang mahasiswa dari US, menurut aku lukisan itu paling bagus dan sangat berseni. Lukisan yang ngegambarin tiga orang sambil main alat musik. Lukisan itu dilukis dengan warna-warna cerah. Dan… disini juga ada lukisan hasil belajarnya Bang Andrea, beliau ini melukiskan wajah para editornya yang dari berbagai negara.

Setelah Bang Andrea ngejelasin tentang ruangan panjang itu yang aku lupa disebut apa. Akhirnya kita ke ruanga kecil yang ada di sebelah ruangan panjang itu. Seperti sebelumnya aku baru tau ruangan ini dijadiin ruangan Ikal setelah Bang Andrea ngasih tau kita semua. Di dalem ruangan ini ada kutipan dari novel Laskar Pelangi yang ngejelasin tentang ayahnya. Dan disitu juga ada fotonya Ikal dari film Laskar Pelanginya itu. Di ruangan ini juga disediain bangku kayu panjang dengan sengaja biar para pengunjung bisa duduk disana dan baca dengan tenang. Kalo menurut aku sih suasana di ruang Ikal ini kaya di ruang cuci foto. Rada gelap dan ada lampu-lampu sorotnya. Kurang lebih begitu lah.

Pindah lagi ke ruangan sebelahnya. Ini ruang Lintang, temen terbaik dan yang sangat menginspirasi Ikal. Disini juga ada kutipan dari novel Sang Pemimpi, sekuel dari Laskar Pelangi. Aku lupa kutipannya tentang apa. Disini juga sama kaya ruang Ikal, ada foto Lintang yang diambil dari film Laskar Pelangi. Suasana ruangan ini juga sama kaya ruangan Ikal.

Pindah lagi ke belakang. Sebenernya ini masih satu bagian sama ruang yang panjang itu, tapi di sudut ini khusus dibuat ruang Mahar. Kaya ruang Ikal dan Lintang sebelumnya, ruang Mahar juga ada kutipan dari novel Laskar Pelangi dan foto Mahar.

Udah cukup kelilingnya, sekarang saatnya wawancara Bang Andrea. Mas Yudis sama Ka Citra yang udah siap buat wawancara akhirnya mulai wawancaranya setelah lampu sorotnya dibenerin biar cahayanya pas ke Bang Andrea. Selagi Bang Andrea diwawancara, aku cuma nonton dan dengerin dengan seksama apa yang diomongin sama Bang Andrea. Terpukau…. Ini kali pertamanya aku ketemu sama orang terkenal langsung disamping nonton konser kekeke. Oiya, sebelum wawancaranya mulai Bang Andrea ganti topi tuh. Yang tadinya topi kebun berubah jadi topi andalannya. Kalo kata aku sih itu keliatan kaya topi-topi pelukis. Isi wawancaranya sih sebenernya ga jauh beda sama yang tadi dijelasin sama Bang Andrea. Yaa, berkisar tentang museumnya ini yang katanya museum sastra  pertama di Indonesia. Terus tentang novel Laskar Pelangi yang udah diterjemahin ke banyak Negara, dan harapan Bang Andrea tentunya buat museumnya ini.

Oke, udah selesai wawancaranya kita diundang ke belakang. Kupi Kuli. Warung kopi asli Melayu tempo doeloe. Disana bikin kopinya ga pake kompor, tapi pake areng. Masih tradisional banget. Terus suasananya juga masih tempo dulu banget. Banyak dipajang poster-poster Rhoma Irama jaman muda dulu kekeke. Ada juga merek batre jaman dulu. Pokonya semuanya serba tempo doeloe banget. Kita semua ditawatin minum kopi haratisss sama Bang Andrea. Tapi sayang, karna kepaboan aku ini aku ga minum kopi haratis di kupi kulinya Bang Andrea. “Aku ga bisa minum kopi” aku jawab gitu pas ditanya mba Meda mau kopi apa. Pas balik aku baru nyesel ga minum kopi haratis disana TT_TT Penyesalan selalu terakhir. Hiks.
Balik lagi di kupi kuli, pas kita disana ada juga mahasiswa UnAir yang lagi ngopi-ngopi. Mereka udah dateng duluan dari kita.

Dari tadi sejak muter-muter Bang Andrea undah janjiin kita bakalan nyanyi bareng mba Meda lagu soundtrack serial Laskar Pelangi yang kemaren special buat kita-kita yang hari ini jadi pengunjung museumnya. Bang Andrea ngambil gitarnya, mulai nyetem senar-senarnya. Karna waktu itu lagi ujan deres banget dan kupi kuli itu atapnya dari seng jadinya berisik banget dan ga jadi nyanyi disana walaupun udah diusahain buat pake soundsystem. Akhirnya kita pindah ke ruang Mahar. Mba Meda dan Bang Andrea duduk di bangku kayu di depan kita semua dan kita nonton sambil ngampar. Sejenak suasana sunyi… nunggu mba Meda nyanyi. “Are you ready?!” tanya mba Meda. Gaya kaya lagi konser. Akhirnya bang Andrea pun mulai mainin gitarnya, intro. Dan mba Meda pun mulai nyanyi.
Suaranya mba Meda asli bagus banget. Aku sampe merinding dengernya. Aku dan yang lain menonton dengan khidmat. Hampir dari kita semua yang nonton itu ambil foto pas mba Meda dan Bang Andrea lagi nyuguhin lagu buat kita, kecuali aku. Why? As you know lah, I don’t have a phone with good cam. Poor me! TT$TT
Lagu pun selesai. Dan kita, para penonton pun bertepuk tangan. Kagum dan seneng. Pasti. Lagu yang special buat kita yang dateng hari ini ke museum. Udahan nyanyinya, kita pun balik lagi ke kupi kuli dan ternyata kopinya udah siap semua. Aku cuma bisa nonton mereka yang minum kopi.

Ngopi-ngopi. Tiba-tiba ka Citra dan ka Nanien menghilang dari pandangan. Aku yang kepo akhirnya keluar dari kupi kuli dan nyari dimana mereka. Ternyata lagi keliling museum lagi sama Bang Andrea. Akhirnya aku pun ngintilin mereka dan ikut keliling-keliling juga. Dan sempet ngobrol juga sama Bang Andrea. Senengnyaaa. Aku cuma bilang kalo mama itu kaka kelasnya Bang Andrea dan ternyata aku salah. Yang kaka kelas itu ternyata Bang Andreanya. Terus nanya-nanya hal umum gitu lah. Bang Andrea baru sadar kalo aku ini orang Manggar juga setelah ka Nanien kasih tau kalo aku ini LO mereka hehe.

Abis itu Bang Andrea ngasih tau kita tentang suatu rahasianya yang katanya belum pernah dikasih tau ke orang maupun media masa lain. Katanya Laskar Pelangi itu bisa terbit karna dulu pas Bang Andrea tinggal di belakang kampus ITB dan jadi tukang fotocopy dia udah nulis Laskar Pelangi dan difotocopy. Bukan untuk dikirim ke penerbit tapi buat menuhin janjinya ke Bu Muslimah, itu ada dihikayatnya Laskar Pelangi di welcome room. Tapi, suatu hari tiba-tiba ada pencuri masuk ke kosannya Bang Andrea dan ngambil fotocopy-an hasil tulisnya yang mau dikirim ke Bu Muslimah itu. Ga cuma itu, jam tangan sama laptopnya Bang Andrea juga ikutan dicuri. Ga berapa lama, novel Laskar Pelangi pun terbit tanpa sepengetahuan Bang Andrea dan itu juga yang bikin nama Bang Andrea dan Pulau Belitung dikenal orang se-Indonesia bahkan mungkin Internasional. Jadi, mungkin yang ngirim novel itu ke penerbit adalah si pencuri itu. Bang Andrea sendiri masih bingung sebenernya dia harus berterima kasih atau marah sama si pencuri itu karna kan tujuan awal dia nulis itu buat Bu Muslimah bukan buat dikirim ke penerbit.


Okeee, setelah keliling-keliling yang kedua kalinya ini. Akhirnya hasrat yang lama ditunda keluar juga. Ka Nanien ngajak Bang Andrea keluar dan pas itu masih rada gerimis gitu buat foto di plang nama Museum Kata dan foto disana. Aku yang kabut pengen foto juga bingung harus ngapain. Tiba-tiba si Bang Yaya manggil aku buat masuk lagi ke welcome room yang ternyata ada kaos-kaos yang tentu aja dijual. Akhirnya aku yang masih kabut itu milih kaos sedapetnya. Dan aku yang emang selalu bawa notebook buat ngisi pulsa itu langsung minta Bang Andrea tanda tangan di notebook dan kaos yang baru aja aku beli dengan spidol pinjeman dari mba Meda yang emang pengertian banget apa yang aku dan pengunjung lain mau xixi. Abis sibuk minta tanda tangannya Bang Andrea, mba Meda ngasih CD Lagu Laskar Pelangi yang di dalemnya ada lagu yang tadi dinyanyiin sama mba Meda dan Bang Andrea. Mumpung kesempatan ya udah aku minta tanda tangannya mba Meda aja sekalian. Sebenernya aku mau minta tanda tangannya Bang Andrea juga di CD-nya tapi ga sempet dan kayanya udah cukup banyak deh aku minta ini itu sama dia.
Abis sesi tanda tangan itu aku juga foto bareng sama Bang Andrea. Dengan terburu-buru dan ribet karena harus pegang kaos, notebook dan plastik itu aku bisa juga foto sama Bang Andrea dengan kebaikan hati ka Citra yang mau sukarela buat fotoin aku.



Keliling udah. Wawancara udah. Kupi kuli udah. Tanda tangan udah dan foto bareng pun udah. Semuanya udah. Dan akhirnya dengan berat hati aku dan yang lain menyudahi kesempatan yang sangat langka ini. Masih dengan cuaca yang sedikit gerimis kami pun meninggalkan Museum Kata milik Andrea Hirata dan melanjutkan perjalanan ke gedung SD Muhammadiyah.

You Might Also Like

0 komentar