Sabuk Kuning

Minggu, November 25, 2012



Dulu pas jaman SMP, aku cuma bisa dengerin cerita temenku. Ini lah, itu lah. Tapi ga pernah ngerasain sama sekali gimana rasanya apa yang dia alamin. Kadang emang suka iri sama cerita dia dan emang dari dulu juga aku pengen banget kaya gitu.
Tapi, setelah sekian lama aku pengen banget kaya gitu akhirnya Minggu kemaren kesampean juga apa yang aku selama ini aku idam-idamkan XD

Minggu kemaren itu hari ujian kenaikan sabuk buat aku sama temen-temenku satu deojang(?) –tempat latian. Aku yang ilmu taekwondonya masih cetek ini beraniin buat ikutan ujian padahal latian masih bolong-bolong >!!!< Tapi karna emang aku udah dari duluuu banget pengen ikutan kaya gini akhirnya aku nyoba ngejar ketinggalan aku pas aku ga latian dan akhirnya bisa apal basic 1 sama basic 2 walaupun kadang masih suka bingung mau muternya ke arah mana kkk.

 Sebelum memulai perjuangan buat ujian hari Minggu aku harus berjuang dulu buat minjem dobok(?) –baju taekwondo karna dobok yang aku pesen belum dateng padahal temen-temenku yang lain udah punya deobeok sendiri dan udah dipake pas latian T_T
Aku yang emang ga gawl ini ga punya banyak kenalan jadi rada bingung buat minjem dobok ke siapa. Tapi dengan berbaik hati Ikhram mau nolongin aku buat minjemin dobok ke temennya. Ga banyak cingcong akhirnya langsung dipinjemin dari yang punya deobeok itu. Satu masalah terselesaikan ^^

Ok, hari Minggu pun tiba. Aku yang udah kabut dari semalem takut kesiangan udah nyiapin segala yang perlu dibawa, kaya dobok berserta sabuknya, catetan istilah-istilah, pulpen sama buku panduan bahasa Koreaku. Takut kalo-kalo dibutuhkan. Dan jangan lupa kacamata.
Alhamdulillah, bisa bangun pagi XD Solat subuh abis itu mandi, sarapan.
Janjinya jam setengah 7 udah harus jalan karna sabeum(?) –pelatih taekwondo nyuruhnya jam 7 udah pada kumpul di depan SMK. Aku udah kabut(?) takut telat langsung jemput temenku, dan ternyata dia juga belom rapi -_- Akhirnya  nunggu dia sampe rapih terus nganterin dia nyamperin bapaknya yang ada di pasar buat minta duit .-. Abis itu kita langsung pergi ke SMK setelah ribet mau kemana dulu, soalnya ade kelas aku minta pergi bareng tapi dia malah udah pergi duluan -_- Pas nyampe di SMK ternyata udah pada ngumpul, tapi belom semua. Dan lagi-lagi aku harus nunggu.
Setelah kita pindah ke tempat parkir di dalem SMK karna tadi kita ngumpul di depan warung dan itu kepanggang sama teriknya matahari pagi yang penuh dengan ultraviolet. Kita nunggu disitu sampe kira-kira jam 7an dan Ikhram baru dateng. Masih nunggu lagi karna sunbae belom dateng. Aku yang baru duduk, bener-bener baru duduk. Tiba-tiba si sunbae dateng dan otomatis aku langsung berdiri -_- Tapi kita harus nunggu lagi. Sabeum belom dateng.
Akhirnya sekitar jam setengah 8an baru sabaem dateng tapi ga sendiri, ada satu motor lagi yang lain. Dan aku gatau siapa. Maklum aku kan anaknya ga gawl jadi kurang tau orang lain .-.
Ya udah abis itu kita langsung berangkat ke Gantong sama-sama.

Setelah perjalanan yang lumayan jauh untuk aku yang biasanya cuma bawa motor sekitar Manggar, akhirnya kita sampe juga di Gantong. Dan ternyata tempat ujiannya itu aku tau =.= Pas kemaren aku jadi LO sering lewat situ. Itu gedung pengawas PT. Timah yang di belakangnya ada GOR bulu tangkisnya.
Pas nyampe sana udah pada rame dan mereka juga udah pada pake dobok. Ya udah, jadi aku sama temen-temen satu klubku langsung ganti baju pake dobok. Catatan! Ini pertama kalinya aku pake dobok dan aku ga tau gimana cara ngiket sabuknya yang bener. Jadi aku harus minta tolong temenku buat makein >\\\<
Karna semuanya udah pake dobok kita masuk ke dalem GOR-nya. Dan pas masuk aku itu berasa tua banget. Yang lain masih pada kecil-kecil. Kaya SD-SMP gitu. Mereka juga udah ada yang sabuk kuning. Beneran berasa tua aku T^T

Oh iya, pas baru masuk GOR itu kita langsung disuruh ngisi formulir sama sabeum. Dan sumpah aku bokis banget itu, masa tinggi aku 154? Padahal waktu itu diukur cuma 153an. Gapapa lah data palsu. Kan sama kaya artis-artis Korea yang rajin nambah-nambahin tinggi badan sama umur XD 1cm doang mah ga salah kan yah? Kkk.
Terus pas ngisi asal unit aku itu salah. Berhubung aku mah anaknya sok tau banget jadi tanpa banyak tanya dan percaya diri aku langsung ngisi “Manggar” padahal bukan itu yang dimaksud. Setelah temenku nanya ke sabeum itu harusnya ngisi apa akhirnya aku baru tau kalo nama klub taekwondo yang aku ikutin selama ini namanya YTC, kependekan dari Yurdan (nama sabaem) Taekwondo Club ._.
Kita disuruh kumpul dan baris serapi mungkin buat upacara pembukaannya. Nah, kita barisnya itu sesuai dengan sabuk yang kita punya. Yang putih paling kanan, abis ikut sebelahnya kuning. Yang kuning strip sama biru menyesuaikan. Dan aku baru sadar kalo yang sabuk biru itu cuma sunbae sendiri dan yang kuning strip itu cuma sedikitan. Empat orang doang.

Abis upacara kita disuruh buat lari dan larinya itu ga di dalem GOR, tapi kita lari ke luar lewat pasar, jembatan sampe ke simpang tiga yang ada tugu ikan apa gitu aku lupa namanya apa x_x Abis itu balik lagi ke GOR.
Berhubung aku cewek satu-satunya dari klub kita yang baru sabuk putih dan aku emang ga punya kenalan disana. Jadi, pas disuruh lari itu aku langsung menyusup ke depan ngedeketin temen-temen satu klub aku biar ga kaya anak ilang >< Nah, kan itu larinya dibikin dua berbanjar dan di sebelah aku itu cowok entah dari mana gatau. Aku udah berusaha lirik-lirik kartu ujiannya tapi ga keliatan. Maklum ga pake kacamata x.x Eh, si temennya cowo yang di sebelah aku itu malah ngeceng-ngecengin gitu. Dikira dia aku ga tau kali dia ngecengin aku -_-
Oiya, pas kita lari itu diliatin sama orang-orang lho. Aku bangga tapi malu gimana gitu yah soalnya diliatin orang gitu hihi. Tapi kaki lumayan lho yah berasa. Itu lari ga pake sepatu lho, mana lagi itu jalannya ada batu-batu kecil yang bikin kaki cenat-cenut. Aku yang gatau kenapa baru lari segitu aja udah ngos-ngosan dan sakit bagian ginjalnya padahal itu jaraknya ga jauh-jauh banget. Mungkin lebih jauh kalo misalnya lari di dalem deojang 10 menit.
Abis lari dan balik lagi ke GOR kita semuanya pemanasan setelah cukup panas lari tadi. Pemanasannya dipimpin sama sabeum Yurdan. Dan sumpah yah badan aku kaku banget. Bungkuk aja rasanya keraaas banget. Biasanya aku bisa nyium lutut setelah usaha cukup keras. Tapi kemaren ga bisa sama sekali. Badan bener-bener keras >-<

Pemanasan udah, sekarang waktunya ujian! Sabuk putih yang paling pertama. Ada 93 peserta ujian dan itu dibagi jadi dua kelompok. Yang nomor urut 1-50 itu di sebelah kanan GOR yang nilai itu sabeum darimana gatau, tapi asistennya itu sabeum Yurdan. Yang 51-93 itu disebelah kiri GOR, yang jadi penilainya itu sabeum Panca asistennya sabeum Eko. Nah, berhubung aku sama temen-temen satu deojang itu nomor 80an ke atas jadi kita sama sabeum Panca ujiannya dan kita harus nunggu cukup lama karna satu sesi dari tiap grup itu 12 orang berhubung kita semua ada urutan terakhir. Jadi, lumayan lah yah nunggunya lamaaa. Tapi seneng ngeliat anak-anak SDnya itu lucu-lucu banget >< Jadi inget adeku di Tangerang, coba dia ikut taekwondo juga biar jago berantem nanti kkk.
Setelah sekian lama nunggu akhirnya kelompok aku dan temen-temenku yang paling tua dan yang paling terakhir ini dipanggil. Dan temenku yang di kelompok sebelumnya udah ujian bilang kalo si sabeum yang kasih instruksi itu ga kedengeran jadi harus pasang kuping bener-bener. Ok, aku coba buat dengerin sebener-benernya kau bisa dengerin di tengah kebisingan dengan suara si sabeum yang emang kecil atau apalah itu. Pertamanya aku ngeh emang tapi mulai dari dia nyuruh basic 2 aku bener-bener ga jelas dengan instruksinya sampa aku salah diawal basic 2. Nyebelin!
Aku ga terima kan ga kedengeran kaya gitu karna kan kalo instruksinya salah gerakannya salah kan? Gerakannya salah berarti nilainya? Kecil! Yap! Makanya pas itu ada jeda sebentar aku langsung angkat tangan dan minta si sabeum buat kencengin suaranya, tapi dia malah acuh tak acuh gitu sama permintaan aku dan akhirnya ga ada perubahan dan aku ga bisa dengerin instruksinya dengan baik. Dan kelompok aku itu sering banget kena pushup karna kita gatau apa yang dimaksud sama si sabeum. Sabeum Yurdan belum pernah kasih aba-aba kaya gitu kalo ga salah ditambah sama suaranya yang ga kedengeran. Lengkap sudah!
Dan sampe pada akhirnya kita semua disuruh mendekat ke meja sabeum Panca dan dengerin sedikit pengarahan. Alasannya kita sengaja dikasih instruksi kaya gitu karna kita udah gede dan postur badan kita lumayan bagus jadi tingkatannya beda sama yang lain yang masih rata-rata SD sama SMP. Dan sekali lagi sebelum kita disuruh balik ke tempat masing-masing si sabeum Eko yang ngasih instruksi itu nanya sama aku kedengeran apa engga dan aku jawab engga dia malah jadi kesel sama kau dan nyuruh aku buka telinga lebar-lebar dan bilang kalo dia lagi sakit tenggorokan, but who’s care?! Ga kedengeran ya tetep ga kedengeran cuma beberapa orang yang denger dan mereka itu posisinya di tengah si sabeumnya jalan-jalannya di tengah ya jelas kedengeran dan aku ga denger apa-apa!
Kita dibubarin dan balik ke alamnya masing-masing, dan saat itu mood aku udah drop banget males deh sama si sabeum Eko itu -_- kesel saya sama dia! Pas balik ke kumpulan temen-temen satu deojang itu aku langsung cerita kalo aku sebel sama si sabeum Eko dan aku langsung mengekspresikan kekeselan aku. Bukannya mereka prihatin malah ketawain aku gara-gara aku yang emang terlanjur ekspresif itu! >,<

Ujian buat sabuk putih udah kelar dan kita dikasih waktu buat ishoma. Makan siangnya bareng-bareng. Lucunya itu kan emang peserta ujiannya itu anak-anak SD jadi masih pada polos dan imut-imut gitu >///< Pas dibagiin nasi kotak yang diiket pake karet itu malah mereka mainin, ditarik-tarik gitu sampe berisik. Dan aku yang emang kadang childish ini juga ikut-ikutan kaya gitu kaya bocah banget! XD kkk dan gara-gara kelakuan kita itu satu GOR jadi bising banget lol dan akhirnya si sabeum ngomel kayanya kita itu kaya anak ayam, kalo belom dikasih makan berisik. Aku cuma pura-pura sok innocence aja, “Zakia engga beum. Zakia kan akan baik beum.” sambil cengengesan gaje gitu kkk.
Karna makannya bareng-bareng jadi harus ada yang pimpin doa. Dan yang pimpin doa temen aku, Bimo yang ratingnya sama kaya aku. Dan tanpa perlu dipertegas sama si sabeum kalo ‘kita’ emang yang paling tua jadi ga usah dituakan gitu =,=
Kita makan bareng dan kata si sabeum ga boleh ada sisa satu butir nasi pun terus ga boleh berserakan makannya kalo misalnya ada nasi yang jatoh deket kita, kita harus makan tu nasi ih! Berasa kaya paskib begitu deh.

Abis makan siang lanjut lagi ujian buat yang sabuk kuning, kuning strip sama biru. Sunbae yang emang sabuk biru sendiri ujiannya digabung sama yang kuning strip. Mereka ujiannya beda dari yang sabuk putih. Kalo sabuk putihkan langsung disuruh buat basic 1, basic 2 abis itu ikutin instruksi. Kalo mereka engga pertamanya sebelum taege(?) (tergantung tingkatannya) mata mereka ditutup dulu kata Saripi sih itu buat pemantapan.
Nah, kocak banget pas temen sedeojangku yang sabuk kuning ditutup matanyakan dia taege. Gatau kenapa dia malah kemana-mana. Ngawur sendiri. Lawak abis. Kita yang liatin itu ketawa doang liatnya. Dia itu sampe harus dibenerin sama sabaem tapi tetep aja salah. Sampe akhirnya, si Eja kan di sebelah Ikram. Dan mereka itu udah hadap-hadapan gitu dan akhirnya pas mau nendang si Eja ditendang sama Ikram dan kita yang nonton ngakak banget. Kocak hidih!
Abis ditutup matanya mereka maju ke depan terus praktekin taege dengan mata terbuka. Abis itu mereka ada ujian fisiknya, disuruh lari yan kakinya diangkat setinggi mungkin itu. Terus disuruh split. Gitu-gitu deh.

Abis semuanya udah ujian langsung lanjut ke tanding kaya yang dibilang sabeum Yurdan sebelumnya. Aku yang belum pernah liat tanding sama orang luar itu excited banget, tapi takut juga abis kata sabeum yang sabuk putih juga bakalan turun dan nanti ada yang dipilih. Aku takut kepilih bukan karna aku emang bagus mainnya tapi emang aku cuma cewe sendiri yang sabuk putih.
Tanding pertama itu si Stepong XD satu deojang sama aku masih kelas 2 smp tapi udah jago berantemnya. Lawan anak Gantong, pake kerudung tapi masih sabuk kuning. Sedangkan Stepong udah sabuk kuning strip. Emang sih beda tipis.
Lumayan seru lah mereka tandingnya. Si Stepong masuk banyak tapi sayang dia kena mulu kepalanya. Abis lawannya lebih tinggi dari pada dia. Aku yang nonton juga jadi ikutan kesel ngeliatnya. Gimana engga kepala ditendang gitu masa ga kesel sih? Aku yang waktu itu baru simulasi sama si Ayu yang emang nyebelin itu aja kesel walaupun ga kena kepala =’’’=
Akhirnya selesai dan hasilnya draw. Sayang banget!
Dan ini yang paling seru… Sunbae…
Sunbae lawan sabuk kuning, orangnya lumayan tinggi lah. Tapi aku tetep yakin si sunbae pasti menang abisan dia jago banget sih.
Kaya biasa simulasi di deojang, gaya andalan dia itu epek-epek tangan. Kocak emang ngeliatnya! Mana lagi gaya senga dia yang kasih kode ke lawannya buat maju duluan. Sengaja itu kayanya biar bikin lawannya kesel.
Pokonya seru banget deh bagian sunbae itu. Dan puncaknya itu pas sunbae tendangan berputar dan kena kepalanya si lawan. Sampe bikin lawannya jatoh. Well, KO! \m/ Dan sunbae menang.
Karna si lawannya itu jatoh akhirnya satu GOR itu heboh dan langsung ngerubunin. Ternyata pelipisnya sobek. Berdarah >;;;< Aku yang emang takut sama darah ga berani liat tapi karna pengen tau akhirnya liat juga .-. Cuma sebentar abis ngeri sama darahnya. Itu darahnya semuka-mukaan lho. Ngeriii. Tapi salut sama sunbae sampe bisa berdarahin anak orang gitu. Bangga deh kkk
Tapi herannya itu sunbae kaya sok innocence gitu cuma bulak-balik nengokin doang tapi ga minta maaf atau apalah gitu sekedar basa-basi nanya sakit apa engga.
Berhubung udah KO kaya gitu dan sampe berdarah-darah gitu. Kita semua dikumpulin dan disuruh baris. Yap! Pertandingan selesai dan ga dilanjutin lagi.
Upacara penutupan. Sabeum siapa gitu ngasih penjelasan kalo berdarah-darah di taekwondo itu biasa emang jadi ga usah khawatir. Tapi dengan tanpa dosanya si sabeum nambahin kalo mati di taekwondo itu juga biasa. Gimana bisa dianggep biasa, pikir aku.
Terus si sabeum juga bilang kalo nanti sunbae bisa diusahain buat ikutan Indonesia Open. Terus bilang kalo nanti bakalan ada pelatih asli dari Korea yang mungkin bisa ngelatih kita-kita ini. And as usual, aku yang denger kata “Korea” langsung excited lol Ketemu orang Korea aslikan lumayan kkk.
Udah dikasih wejangan akhirnya pengumuman hasil ujian *sigh* Kata si sabeum ada empat orang yang ga lulus dari sabuk putih. Dan aku takut aku salah satu diantaranya. Ngerasa ujianku buruk karna si sabeum Eko itu -_- Pas disebutin nomor ujiannya. 080! Beda tipis kedengerannya. Aku nomon 090 soalnya. Alhamdulillah aku lulus. Akhirnya aku sabuk kuning!!!
Dari deojang kita ga ada yang ga lulus. Alhamdulillah semuanya lulus ^^

Udah pengumuman, upacara penutupan selesai dan kita semua boleh pulang ke rumah masing-masing. Berhubung kita kan orang jauh terus harus nungguin sabeum Yurdan juga jadi kita nunggu dulu. Pas nunggu itu ya tentu aja lah kita cerita-cerita tentang tragedy sunbae yang berdarahin anak orang itu. Kita nonton video pas si sunbae tanding. Sayang ga ada yang bagus. Pas adegan berdarahinnya malah ga kerekam hadeh. Oiya, kata Rahmat yang tadi nganterin si Anas ternyata itu nama lawannya si sunbae tadi ke puskesmas dia bilang kalo si Anas itu sampe dijadi pelipisnya terus di bawah matanya. 4 sama 3 jaitan kalo ga salah. Terus idungnya juga patah katanya. Ngeri bangettt! Si sunbae sih tenang-tenang aja. Dia belom kelar si Anas dijait mah udah balik lagi ke GOR. Kesana cuma nengok bentar sama minta maaf sekedarnya ck.

Udah selesai masalah Anas, si sabeum juga udah selesai urusannya. Kita semua pamit sama sabeum-sabeum yang lain dan akhirnya pulang menuju Manggar.

You Might Also Like

0 komentar