Dedikasi Perempuan

Kamis, Februari 07, 2013

Judul : 100 Great Women
Penerbit : Redaksi Jogja Bangkit!
Tahun terbit : 2010
Halaman : 142 halaman


100 merupakan angka yang paling disukai orang-orang dalam mengurutkan sesuatu selain 1 dan 10. Dari sejumlah besar wanita di dunia ini yang memberikan hasil pemikirannya dan memberikan perubahan yang tentunya ke arah yang lebih baik bagi sesamanya. Kesetaraan adalah yang paling utama. Menyetarakan diri melalui kegiatan politik, ilmu pengetahuan, sastra sampai dengan olahraga telah dilakukan dan memberikan hasil yang dapat dinikmati oleh perempuan dan khalayak ramai.

"The best philosophy is expressed in choices of life, not in words" - Eleanor Roosevelt

"You get strength, courage and confident from experiences where you really not see strength. You must do something you can`t do." - Eleanor Roosevelt

Buku ini merangkum 100 orang wanita berpengaruh di dunia yang disusun secara alfabetis yang dibagi ke dalam beberapa kategori seperti penerima Nobel Perdamaian, penulis, politikus, ilmuwan, dsb. 

Dari 100 wanita yang dimuat dalam buku ini terdapat 21 di antaranya adalah wanita-wanita Indonesia seperti Anggun C. Sasmi yang menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil di kancah internasional, Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, Kartini serta Rasuna Said yang merupakan pahlawan Nasional, Ibu Soed yang merupakan pencipta lagu anak-anak sampai dengan mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan tidak ketinggalan juga anak presiden pertama Indonesia yang juga presiden perempuan pertama di Indonesia, Megawati Soekarno Putri. 


"Hak politik perempuan harus dianggap sebagai satu kesatuan dengan hak asasi manusia." 

"100 Great Women" sudah memaparkan 100 wanita berpengaruh di dunia menurut versi penerbit. Namun, masih dirasa terlalu biasa dan umum dalam pemaparan setiap tokohnya. Dengan sumber yang memang mayoritas berasal dari internet memberikan kesan bahwa buku ini hanya copy-paste dan sangat wikipedia. Ditambah lagi dengan banyak ditemukan kesalahan dalam pengetikan seperti penggunaan italic dan font yang sesuai mengurangi kenyamanan pembaca. Ditambah dengan beberapa dari tokoh yang dipaparkan tidak disertai dengan foto atau gambar sehingga pembaca tidak mendapat informasi yang lengkap tentang si tokoh. 


"The best and the prettiest thing unseen or untouched in the world is a thing that felt inside the heart" - Helen Keller

Namun, secara keseluruhan buku ini sudah bisa dinilai bagus karena telah memilih tokoh-tokoh wanita yang memang memberikan pengaruh positif terhadap dunia ditambah dengan hampir seperempat dari tokoh yang dipaparkan adalah wanita-wanita Indonesia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia lebih mengetahui wanita-wanita Indonesia yang pekerja keras serta memberikan sumbangsih untuk perempuan Indonesia. 

"People can choose what`s book they like, but writers can`t. They must read book written by whoever." - Marga T.

Cover depan yang memperlihatkan sosok wanita dari samping dengan efek back-light mempertegas bahwa buku ini memang didedikasikan untuk para perempuan. 

Buku ini sangat cocok untuk memberikan inspirasi kepada wanita-wanita lain di luar sana agar tetap memperjuangkan haknya. Selain itu juga, baik untuk para siswa/i sebagai pengenalan tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia dan menjadi tokoh acuan yang dapat di contoh.


"Science is for people in the world." - Marie Currie

Pada akhirnya, dari lima bintang yang ada di langit saya hanya bisa memberikan empat untuk "100 Great Women"

You Might Also Like

0 komentar